Kemeja Batik

kemeja batikKemeja batik yang dulu mungkin dianggap kuno dan hanya dipakai oleh orang tua saja, kini telah berubah dan berkembang menjadi lebih modis dan modern. Orang yang mengenakannya pun sekarang dari yang muda hingga yang tua. Karena modelnya yang semakin modern, baju batik bermodel kemeja pun sering dipakai untuk acara selain kondangan, misalnya untuk bekerja, untuk menghadiri pertemuan, ataupun untuk acara acara kasual.

Jika dulu, warna dari baju batik cenderung kusam, hanya memakai warna warna tanah saja, seperti coklat. Namun kini, semakin banyak warna dan motif yang terdapat pada baju batik sehingga orang pun lebih banyak yang berminat untuk memakai kemeja batik ini. Motifnya pun tidak terpaku pada motif tradisional saja. Ada beberapa baju batik yang memakai logo-logo tertentu dan dibuat sedemikian rupa hingga membentuk motif batik yang rapi dan elegan.

Model yang paling banyak dipakai khususnya oleh pria adalah model kemeja batik lengan pendek. Model lengan pendek dipilih karena lebih simpel. Model batik ini biasanya tidak memiliki corak yang mencolok dan berlebihan. Bahannya pun beragam, disesuaikan dengan acara.

Baju batik model lengan panjang adalah model baju batik yang dipilih lebih pada tujuan acara yang akan didatangi. Biasanya, batik lengan panjang dipakai pada acara-acara kondangan, pesta pernikahan, dan acara formal lainnya.

Selain pria, ternyata kemeja batik pun sekarang bisa dikenakan oleh para wanita. Desainnya sedikit berbeda dengan kemeja pria. Pada kemeja batik untuk wanita, bagian kerah biasanya lebih besar dan lebih memanjang. Ini dimaksudkan untuk memberi kesan feminim dan bisa memberi kesan bagian tubuh wanita lebih langsing.

Untuk pria, biasanya kemeja batik selalu dipadukan dengan bawahan celan model bahan. Untuk para andak muda, biasanya mereka memilih bahan Chino. Celana bahan Chino dipilih karena modelnya yang simpel, tapi lebih terlihat modis dan kekinian.

Untuk wanita, bawahan yang cocok untuk kemeja batiknya adalah rok panjang semampai dengan satu warna. Agar bisa dipadukan dengan warna dan motif batik apapun, maka wanita bisa memilih rok berwarna hitam. Namun juga bisa memilih bawahan bermotif juga, asalkan motifnya tidak bertabrakan dengan motif batiknya.