Alat Musik Indonesia

alat musik indonesiaBudaya Indonesia memang kaya dan beragam. Alat musik indonesia adalah salah satu warisan budaya yang dari zaman dahulu hingga sekarang dilestarikan secara turun temurun. Diharapkan hingga generasi mendatang, kebudayaan Indonesia yang merupakan ciri khas dari setiap daerah ini tidak akan punah.

Di zaman yang modern seperti sekarang ini, tidak mudah untuk tetap melestarikan budaya tradisional. Berbagai macam halangan dan rintangan pasti saja ada. Tradisional dan modern seolah dua hal yang saling bertentangan, dan apabila kita sudah berada di dunia modern, sepertinya sesuatu yang tradisional sering dianggap ketinggalan zaman dan terkesan ‘kampungan’.

Namun tidak demikian halnya bagi orang-orang yang telah mendedikasikan hidupnya untuk alat musik indonesia sebagai budaya. Berkat mereka, kini beberapa alat musik tradisional Indonesia telah banyak dikenal dunia. Apa saja alat-alat musik tersebut?

Yang pertama adalah gamelan. Gamelan merupakan satu set dari kumpulan beberapa alat musik tradisional. Biasanya terdiri dari gong, gambang, gendang, bonang, dan lain-lain. Semakin banyak alat musik yang ada dalam sebuah gamelan, maka akan semakin berwarna alunannya. Di Indonesia sendiri beberapa daerah memiliki gamelan versinya masing-masing. Ada gamelan khas sunda, gamelan khas jawa, dan gamelan khas Bali. Masing-masing mempunyai permainan yang khas sehingga orang yang mendengarkan biasanya bisa membedakan darimana gamelan ini berasal.

Uniknya lagi, di beberapa negara seperti Singapura dan Selandia Baru, sekolah mereka memasukkan gamelan sebagai mata pelajaran di sekolahnya.

Jika anda ingin mendapatkan informasi lengkap mengenai alat musik khas Indonesia, anda bisa mengunjungi https://alatmusikindonesia.com/ yang berisi seputar alat musik Indonesia, mulai dari asal daerah, nama alat musik, dan cara memainkannya.

Alat musik indonesia berikutnya yang mendunia adalah angklung. Alat musik yang berasal dari bilah bambu ini memang sering mengikuti ajang internasional, dengan tujuan untuk selalu mempromosikan Indonesia di mata dunia. Salah satunya adalah ketika Konferensi Asia Afrika tahun 2015 lalu, permainan angklung mencetak rekor dengan menghadirkan lebih dari 20 ribu orang bermain angklung. Rekor ini masuk ke dalam rekor MURI.